Sabtu, 17 Maret 2012

Kartu Prestasi Matematikaku

Sebelum saya mulai memberikan materi pembelajaran bagi siswa, saya membuat sebuah kartu prestasi 1 standar kompetensi,saya membutuhkannya untuk memberikan penilaian dari setiap evaluasi per siswa per kompetensi dasar. 
Siswa saya nilai berdasarkan:
  1. Latihan, saya buatkan modul latihan bagi mereka, yang akan saya nilai hasil dan cara pengerjaannya.
  2. Tugas mandiri, yaitu tugas yang saya berikan bisa dikerjakan di mana saja dalam tenggat waktu. 
  3. Sikap dalam menerima ilmu, berdasarkan semangat mereka selama proses belajar dan mendukung suasana kondusif belajar. 
  4. Adakah siswa mentransfer ilmu kepada temannya, ilmu tidak akan bertahan lama jika tidak diberikan lagi kepada orang lain, sehingga saya mau menegaskan kepada siswa pentingnya mentransfer ilmu kepada temannya.
  5. Quiz, quiz diberikan per kompetensi dasar. 
  6. Remedial, jika nilai quiz tidak memenuhi nilai KKM maka siswa tersebut harus menjalani remedial. sistem remedial, siswa tersebut diberikan penjelasan lagi tentang materi yang dia tidak mengerti oleh saya dan siswa lain yang sudah tuntas nilainya. setelah itu dia harus dites remedial. jika tetap belum memenuhi nilai KKM, siswa tersebut harus dimasukkan ke dalam klinik matematika.  
  7. Ulangan harian per 1 standar kompetensi, diberikan kepada siswa yang sudah tuntas nilai-nilai quiznya. perlu tindak lanjut bagi yang tidak memenuhi nilai KKM di dalam ulangan harian, seperti siswa dibimbing oleh saya dan guru BK.

Kendala yang saya dapati:
  1. Masih ada saja siswa yang masih menganggap nilai hanya untuk dikejar dengan cara apapun,seperti menyalin punya temannya tanpa dia berusaha mengerti.  
  2. Masih ada saja siswa yang malu bertanya jika tidak tahu,meskipun ke temannya sendiri.  
  3. Waktu selama 1 smester terbatas karena sistem sks,sehingga terkadang tidak diadakannya quiz, hanya ulangan harian sebagai tes bagi mereka.
  4. Remedial diadakan sepulang sekolah, siswa sudah kelelahan.
  5. kurang tanggapnya tutor sebayanya mlihat temannya yang perlu  remedial sehingga harus diberikan instruksi terlebih dahulu.
  6. mengoreksi dan memberikan 'ponten' masing-masing anak dari  tiap indikator dalam pertemuan tatap muka membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga target saya menyelesaikan materi pada saat itu juga sedikit terlewat. 

Berikut saya sisipkan contoh kartu prestasi yang saya buat

                   atau donlod aja di  http://www.4shared.com/file/3F2yHvGf/kartu_prestasi.html 

0 komentar:

Posting Komentar