Senin, 12 Maret 2012

Strategi Sukses UN 2012 Serta Kisi-Kisi UN Matematika 2012

Ujian Nasional SMU/ MA akan diselenggarakan pada tanggal 16- 19 April 2012 berarti masih 34 hari lagi kamu mmpersiapkan UN (baca: ujian nasional). kamu harus tau terlebih dahulu standar kelulusan sebelum kamu mmbuat strategi belajar untuk UN.

standar kelulusan siswa sma memiliki rata-rata nilai 5,5 dari
0,6 x nilai UN + 0,4 x rata-rata nilai raport smester 3-5
dengan nilai mata plajaran minimal 4
contoh: jika nilai rata-rata raport kamu adalah 7 dari semester 3-5 untuk lulus kamu harus mengejar minimal rata-rata nilai UN 4,5, tanpa mendapatkan nilai kurang dari 4 dari tiap mata pelajaran.

Tujuan dari standar kelulusan seperti itu agar tidak mutlak hasil perjuangan kamu selama di smu ditentukan oleh Ujian Nasional saja. jadi kelulusan ditentukan dari perjuangan kamu tiap semester,jika dari semester 1 sampai semster 5 hasil pembelajaran kamu tuntas maka pemantapan UN pada semster 6 tidaklah berat.

Fungsi dari evaluasi seperti EHB dan UN itu sndiri adalah:
-kamu bisa mengetahui prestasi belajar kamu sehingga kamu mendapatkan kepuasan dan ketenangan
-kamu bisa tau kemampuan, keahlian kamu berada di bidang mana, ketika kamu mau kuliah di mana dan bekerja di mana
-kamu dibiasakan untuk menghadapi ujian, belajar memecahkan masalah sendiri, belajar berjuang agar bisa meraih cita-cita, bersaing dalam meraih nilai setinggi-tingginya dengan teman-teman kamu, sbelum kamu menghadapi ujian hidup di dalam masyarakat yang penuh dengan konflik dan masalah.
-guru, orang tua, pemerintah, dll jadi tau hasil perjuangan kamu selama kamu duduk di bangku sma, sehingga mereka bisa bangga.

strategi perlu untuk berhasil dalam ujian nasional, bukan strategi gmana carannya agar mencontek tidak ketahuan. akan tetapi strategi agar kita bisa  mencapai hasil semaksimal mungkin dengan cara belajar dengan giat. strategi dalam belajar bervariasi, sperti strategi belajar dalam 1bulan berikut ini:

  • tekadkan diri kamu harus berusaha semaksimal mungkin untuk kesuksesan kamu dalam UN. pikirkan kepuasan dan ketenangan kamu di kala kamu memperoleh nilai yang setinggi-tingginya dalam UN dan dapat mendapatkan kebanggaan kamu, ortu, guru, sekolah kamu. 
  • Berdo'alah selalu setiap memulai belajar atau di akhir belajar. 
  • pelajaran UN ada 6 tiap mata pelajaran mempunyai banyak soal yang berbeda dengan waktu yang sama, untuk metematika sendiri mempunyai 40 soal dengan waktu 120 menit, sehingga untuk mengerjakan 1 soal membutuhkan waktu 3 menit.
  • buat target setinggi-tingginya, saya harus bisa dapat nilai 9 dari tiap mata pelajaran.
  • pilih dan perdalam  materi pelajaran yang paling kamu kuasai biasanya tiap materi ada 2 soal keluar. materi yang kamu kurang kuasai atau berulang-ulang kamu mentog belum mengerti, kamu sisihkan saja tapi jangan sampe separuh dari seluruh materi kamu sisihkan setidaknya 2-3 materi.
  • kamu pelajari SKL UN 2012 dan kerjakan soal-soal tahun-tahun kemarin yang berkaitan.
  • kondisikan try out yang diadakan sekolah atau di luar skolah sebagai UN yang sebenarnya. evaluasi hasil tryout kamu dan belajar dari kesalahan dari tryout-tryout tersebut.
  • pendalaman materi atau bimbel yang kamu ikuti kamu anggap sebagai pembuka belajar kamu di rumah.setelah bimbel cari soal-soal yang berkaitan yang belum dikerjakan.
  • tiap hari tekadkan diri kamu mngerjakan minimal 3-5 soal sendri dari 6 mata pelajaran sehingga ada kurang lebih 20 soal kamu kerjakan dalam sehari atau 600 soal kamu kerjakan dalam sebulan. yang artinya kamu sudah menguasai PREDIKSI UN 2012.
berikut KISI-KISI UN MATEMATIKA 2012 untuk SMA IPA & IPS yang saya dapatkan dari bapak Saryono pembicara dari acara rutinitas MGMP matematika tiap bulannya.


0 komentar:

Posting Komentar